8/7/10

HADIST -HADIST KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN


فضل هذا الشهر وما ورد فيهKeutamaan Bulan Ramadhan & Hadist-Hadist Yang Menjelaskan Tentangnya

يعتبر شهر رمضان من أعظم مواسم المسلمين ، فهو شهر الصوم الذي هو الركن الرابع من أركان الإسلام ، قد فضله الله بأن أنزل فيه كتابه الكريم ، وجعل فيه ليلة خيراً من ألف شهر . وقد ورد في فضله وفضل العبادات فيه آثار كثيرة نذكر منها على النحو التالي :

Telah diketahui bahwasanya bulan ramdhan bulan yang paling mulia bagi umat islam, bulan yang diwajibkan bagi kaum muslimin untuk berpuasa, yang merupakan rukun ke -4 dari rukun islam, dan Allah telah memuliakan bulan ini dengan menurunkan Al Qur'an didalamnya, dan menjadikan salah satu malamnya lebih baik dari seribu bulan, mengenai kemulian bulan ramdhan ini dan ibadah didalamnya, telah dijelaskan oleh Rasulullah dalam banyak hadist diantaranya :


أولاً : وجوب صوم شهر رمضان :

Pertama : Wajibnya puasa di bulan ramadhan


1. عن عبد الله بن عمر – رضي الله عنهما – قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :((بني الإسلام على خمس: شهادة أن لا إله إلا الله ، وأن محمداً رسول الله ،وإقامة الصلاة ، وإيتاء الزكاة ، والحج، وصوم رمضان)) متفق عليه . - رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري(1/49) ، كتاب الإيمان ، حديث رقم (8) . ورواه مسلم في صحيحه (1/45) ، كتاب الإيمان ، حديث رقم(16) . وفي رواية مسلم تقديم صوم رمضان على الحج ، فقال رجل : الحج وصيام رمضان ؟ قال – ابن عمر - :لا .صيام رمضان والحج هكذا سمعته من رسول الله صلى الله عليه وسلم

Dari Abdullah bin umar – – berkata: bersabda Rasulullah -- "islam di bangun diatas lima perkata yaitu : bersyahadat , mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, menunaikan ibadah haji, dan berpuasa di bulan ramadhan ( Hr. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (1/49) dalam kitab al iman hadist no (8), dan Imam muslim dalam shahihnya (1/45), dalam kitab al iman hadist no (16) dan dalam riwayat muslim kalimat as shoum ( puasa ) didahulukan dari pada al hajj, maka berkata seorang laki-laki : haji dan puasa ramadhan ? berkata ibnu umar : tidak , puasa ramadhan dan hajji demikianlah aku mendengar dari Rasulullah – salallahu 'alahi wa salam-).


2. عن أبي هريرة -رضي الله عنه- قال: ((كان النبي صلى الله عليه وسلم بارزاً يوماً للناس، فأتاه رجل فقال: ما الإيمان؟ قال: (( الإيمان أن تؤمن بالله ، وملائكته ، وبلقائه ، ورسله، وتؤمن بالبعث . قال : ما الإسلام؟ قال : الإسلام أن تعبد الله ولا تشرك به وتقيم الصلاة وتؤتي الزكاة المفروضة وتصوم رمضان. قال: ما الإحسان؟ قال : أن تعبد الله كأنك تراه ، فإن لم تكن تراه فإنه يراك . قال: متى الساعة ؟ قال: ما المسئول عنها بأعلم من السائل. وسأخبرك عن أشراطها: إذا ولدت الأمة ربها، وإذا تطاول رعاة الإبل البهم في البنيان. في خمس لا يعلمهن إلا الله. ثم تلا النبي صلى الله عليه وسلم: {إِنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْأَرْحَامِ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَداً وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ} - سورة لقمان:34.الآية ثم أدبر فقال: ردوه فلم يروا شيئاً ، فقال : هذا جبريل جاء يعلم الناس دينهم )) . متفق عليه .
- رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري(1/114) ، كتاب الإيمان ، حديث رقم (50) . ورواه مسلم في صحيحه (1/39) ، كتاب الإيمان ، حديث رقم(9) .

2. Dari abu hurairah - t - berkata : " pada suatu hari ketika Rasulullah salallahu 'alahi wasalam berada di tenggah-tenggah kaum muslimin, datang seorang laki-laki dan bertanya kepada beliau : Ya Rasulullah - salallahu 'alahi wasalam -! apakah iman itu ? maka beliau menjawab : hendaklah kamu beriman kepada Allah, para malaikatnya, kitab-kitabnya, rasul-rasulnya, dan beriman dengan hari kebangkitan, kemudian laki-laki itu bertanya lagi : "apakah islam itu ?" beliau bersabda : "islam adalah hendaklah kamu beribadah kepada Allah ta'ala dan tidak menyekutukannya, dan kamu mendirikan sholat, menunaikan zakat yang wajib, dan berpuasa di bulan ramadhan, kemudian laki-laki tersebut bertanya lagi : "dan apakah makna ihsan itu ?" maka beliau menjawab: "hendaklah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatnya, jika engkau tidak melihatnya sesungguhnya Allah melihatmu" kemudian laki-laki tersebut bertanya kembali : " kapan terjadinya hari kiamat ?" Rasulullah - salallahu 'alahi wasalam - menjawab : " tidaklah orang yang di tanya lebih mengetahui dari pada yang bertanya, akan tetapi akan aku beritahukan sebagian tanda-tandanya : apabila seorang hamba telah melahirkan majikannya, dan apabila para pengembala kambing berlomba-lomba menghias dan meninggikan bangunannya, ada lima hal yang tidak diketahui ilmunya kecuali Allah , kemudian beliau membacakan ayat : Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat, dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.(QS luqman 31:34), kemudian orang itu pergi dari situ, dan bersabda Rasulullah- salallahu 'alahi wasalam - : pangillah dia kembali , lalu para sahabat mengejar laki-laki tersebut tetapi tidak melihatnya, kemudian Rasulullah- salallahu 'alahi wasalam - bersabda : lelaki itu adalah malaikat jibril yang datang untuk mengajar manusia tentang agama mereka (HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (1/114) dalam kitab al iman hadist no (50), dan Imam muslim dalam shahihnya (1/39), dalam kitab al iman hadist no (9))


3. عن طلحة بن عبيد الله -رضي الله عنه- أن أعربياً جاء إليَّ رسول الله صلى الله عليه وسلم ثائر الرأس:((فقال: يا رسول ، أخبرني ماذا فرض الله عليَّ من الصلاة ؟ فقال : الصلوات الخمس إلا أن تطوع شيئاً . فقال : أخبرني ماذا فرض الله عليَّ من الصيام ؟فقال : شهر رمضان إلا أن تطوع شيئاً. فقال : أخبرني ماذا فرض الله عليَّ من الزكاة ؟ قال : فأخبره رسول الله صلى الله عليه وسلم بشرائع الإسلام . فقال : والذي أكرمك بالحق ، لا أتطوع شيئاً ولا أنقص مما فرض الله علىَّ شيئاً . فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : أفلح إن صدق ، أو دخل الجنة أن صدق )) متفق عليه . - رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري(4/102) ، كتاب الصوم ، حديث رقم (1891) . ورواه مسلم في صحيحه (1/40، 41) ، كتاب الإيمان ، حديث رقم(11) ، (9،8) .

3. dari Thalhah bin ubaidillah –radiyallahu 'anhu- salah seorang arab ( penduduk najd ) telah datang kepada Rasulullah- salallahu 'alahi wasalam - dalam keadaan rambutnya yang kusut, lalu bertanya Wahai Rasulullah -salallahu 'alahi wasalam - beritahukan kepadaku, apa yang telah Allah wajibkan kepadaku tentang sholat ? maka Rasulullah - salallahu 'alahi wasalam - bersabda : sholat lima waktu dalam sehari semalam, kecuali engkau ingin melakukan ( sholat ) yang sunnah, lalu dia bertanya lagi :"dan apa yang telah Allah wajibkan kepadaku mengenai puasa ?" lalu beliau menjawab: " puasa dibulan ramadhan, kecuali engkau ingin melakukan ( puasa ) sunnah lainnya." Kemudian bertanya lagi " beritahukan apa yang Allah wajibkan atasku mengenai zakat ?" rawi berkata : kemudian Rasulullah- salallahu 'alahi wasalam - menberitahukan semuanya mengenai syari'at islam, lalu laki-laki itu berkata :" demi Dzat Yang Memuliakan engkau dengan kebenaran, saya tidak akan menambahinya, dan tidak pula mengurangi dari apa-apa yang Allah wajibkan kepadaku sedikitpun." Kemudian Rasulullah- salallahu 'alahi wasalam - bersabda :"dia akan beruntung sekiranya dia benar (melakukan) apa yang telah diucapkan atau " dia akan masuk surga jika dia jujur & benar (HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (04/102) dalam kitab as shaum hadist no (1891), dan Imam muslim dalam shahihnya (1/40,41), dalam kitab al iman hadist no (8,9,11))


4. حديث ابن عباس – رضي الله عنهما - : إن وفد عبد القيس لما أتوا النبي صلى الله عليه وسلم قال : (( من القوم -أو من الوفد ؟- قالوا : ربيعة قال: مرحباً بالقوم -أو الوفد- غير خزايا ولا ندامى. فقالوا: يا رسول الله، إنا لا نستطيع أن نأتيك إلا في الشهر الحرام، وبيننا وبينك هذا الحي من كفار مضر، فمرنا بأمر فصل نخبر به من وراءنا، وندخل به الجنة، وسألوه عن الأشربة . فأمرهم بأربع ونهاهم عن أربع : أمرهم بالإيمان بالله وحده ، قال: أتدرون ما الإيمان بالله وحده؟ قالوا : الله ورسوله أعلم ، قال : شهادة أن لا إله إلا الله ، وأن محمداً رسول الله ، ولإقامة الصلاة ، وإيتاء الزكاة ، وصيام رمضان ، وأن تعطوا من المغنم الخمس ...... ))الحديث متفق عليه - رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري(1/129)،كتاب الإيمان،حديث رقم (53).ورواه مسلم في صحيحه(1/47، 48)،كتاب الإيمان،حديث رقم(17)،(24)


4.hadist diriwayatkan oleh Ibnu abbas –radiyallahu 'anhu- dia berkata: sesungguhnya para utusan Abdul Qais tatkala mendatanggi Rasulullah- salallahu 'alahi wasalam - beliau bersabda :" dari kaum – atau utusan – mana ini ? mereka menjawab ? dari utusan Rabi'ah , beliau berkata : selamat datang wahai para kaum – atau utusan – kami menerima kalian dengan senang hati dan lapang dada. Mereka berkata :" wahai Rasulullah- salallahu 'alahi wasalam -, sesungguhnya kami tidak bisa datang kepadamu, kecuali pada bulan-bulan haram, dan antara kami dengan Anda di pisah kampung Mudhar yang kafir, maka perintahkanlah kami dengan suatu perintah yang jelas, yang dapat kami beritahukan kepada para pengikut kami sehingga kami bisa masuk surga dan mereka minta minuman kepada beliau. Setelah itu Rasulullah- salallahu 'alahi wasalam - menyuruh mereka empat hal dan melarang empat hal : beliau menyuruh mereka untuk beriman kepada Allah semata, dan bersabda : tahukah kalian apa yang dimaksud beriman kepada Allah semata ? mereka menjawab : "Allah dan RasulNya yang lebih mengetahui." Maka beliau bersabda : " Bersaksi bahwa tiada Tuhan yang haq melainkan Allah dan Muhamad- salallahu 'alahi wasalam - adalah utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, puasa ramadhan, dan memberikan seperlima dari ghanimah ( harta rampasan perang ). ( HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (1/129) dalam kitab al iman hadist no (53), dan Imam muslim dalam shahihnya (1/47,48), dalam kitab al iman hadist no (17 & 24))


5. عن أنس بن مالك – رضي الله عنه – قال : نهينا أن نسأل رسول الله صلى الله عليه وسلم عن شيء ، فكان يعجبنا أن يجيء الرجل من أهل البادية العاقل فيسأله ونحن نسمع فجاء رجل من أهل البادية فقال : يا محمد أتانا رسولك ! فزعم لنا أنك تزعم أن الله أرسلك ؟قال : (( صدق )) . قال فمن خلق السماء .... إلى أن قال – وزعم رسولك أن علينا صوم شهر رمضان في سنتنا . قال : (( صدق)) . قال : فبالذي أرسلك ، آلله أمرك بهذا ؟ قال : (( نعم )) ...... قال : والذي بعثك بالحق لا أزيد عليهن ولا أنقص منهن . فقال النبي صلى الله عليه وسلم : (( لئن صدق ليدخلن الجنة )). - رواه أحمد في مسنده (3/143) . ورواه مسلم في صحيحه(1/41، 42)،كتاب الإيمان،حديث رقم(12) . ورواه النسائي في سننه (4/120-122) كتاب الصيام ، باب وجوب الصوم . ورواه ابن حبان في صحيحه (1/316، 317) كتاب الإيمان ، حديث رقم (155) .

5. dari anas bin malik - radiyallahu 'anhu - berkata : " Rasulullah - salallahu 'alahi wasalam - melarang kami untuk bertanya tentang sesuatu, tiba-tiba ada seorang laki-laki yang cerdas dari kampung badui menarik perhatian kami, dia bertanya kepada Rasulullah - salallahu 'alahi wasalam - dan kami mendengarkannya, lalu datanlah seorang laki-laki dari kampung badui seraya bertanya: " Ya Muhammad - salallahu 'alahi wasalam - telah datang kepada kami utusanmu ! Dia mengatakan kepada kami bahwa Allah mengutusmu?" Rasulullah - salallahu 'alahi wasalam - menjawab : " Ya benar !" orang itu bertanya: "Siapa pencipta langit….. ?" dia berkata : " utusanmu berkata bahwa kami wajib berpuasa bulan Ramadhan dalam setahun, beliau menjawab : " Ya benar " orang itu berkata lagi : " Demi Dzat yang mengutusmu, apakah Allah menyuruhmu begitu ?" Beliau menjawab :"ya " Dia berkata: "Demi Dzat yang mengutusmu dengan benar, saya tidak menambah dan tidak mengurangginya." Lalu Nabi - salallahu 'alahi wasalam - bersabda :"seandainya dia jujur pasti dia akan masuk surga. ( HR. imam ahmad dalam musnadnya (3/143). Dan imam muslim dalam shahihnya (1/41,42) dalam kitab al iman hadist no (12) dan imam nasa'i dalam sunannya (4/120-122) dalam kitab as shiyam bab wajibnya berpuasa, ibnu hiban dalam shahihnya (1/316-317) dalam kitab al iman hadist no (155)).


6. عن عائشة-رضي الله عنها- ان قريش كانت تصومه يوم عاشوراء في الجاهلية ،ثم أمر رسول الله صلى الله عليه وسلم بصيامه، حتى فرض رمضان وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم :((من شاء فليصمه ، ومن شاء أفطره )). متفق عليه. - رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (4/102) كتاب الصوم، حديث رقم (1893)، ورواه مسلم في صحيحه (2/792) كتاب الصيام ، حديث رقم (1125). (116) .

6. Dari aisyah - radiyallahu 'anha-:"Sesungguhnya orang quraish berpuasa pada bulan asyura' pada masa jahiliyyah kemudian Rasulullah - salallahu 'alahi wasalam - menyuruh untuk berpuasa ( seperti itu ) hingga di wajibkannya puasa bulan ramadhan , kemudian Rasulullah - salallahu 'alahi wasalam - bersabda : " barang siapa yang ingin berpuasa (asyura') hendaklah ia berpuasa, dan siapa yang tidak ingin hendaklah ia berbuka ( HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (4/102) dalam kitab as shiyam hadist no (1893), dan Imam muslim dalam shahihnya (2/792), dalam kitab al iman hadist no (116 &1125))


7. عن سلمة بن الأكوع – رضي الله عنه – قال : لما نزلت { وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ} سورة البقرة: الآية184. كان من أراد أن يفطر ويفتدي ، حتى نزلت هذه الآية التي بعدها فنسختها . متفق عليه - رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (8/181) كتاب التفسير، حديث رقم (4507)، ورواه مسلم في صحيحه(2/802)كتاب الصيام ،حديث رقم (1145).


7. dari salmah bin akwa' - radiyallahu 'anhu -dia berkata : " tatkala turun ayat ini :" dan diwajibkan bagi orang yang tidak mampu berpuasa untuk membayar fidyah ( memberi makan fakir dan miskin ) menyebabkan ada seseorang yang ingin berbuka puasa dan membayar fidyah saja hingga akhirnya turunlah ayat berikutnya yang menghapusnya ( HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (8/181) dalam kitab at tafsir hadist no (4507), dan Imam muslim dalam shahihnya (2/802), dalam kitab as shiyam hadist no (1145))

وفي رواية لمسلم أنه قال: كنا في رمضان على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم من شاء صام، ومن شاء فطر فافتدى بطعام مسكين حتى أنزلت هذه الآية { فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ} سورة البقرة: الآية185.. - رواه مسلم في صحيحه(2/802)كتاب الصيام ،حديث رقم (1145) ، (15) . ورواه ابن خزيمة في صحيحه (3/200)كتاب الصيام ، حديث رقم (1903) ورواه الحاكم في مستدركه (1/423) كتاب الصوم . قال : هذا حديث صحيح على شرط الشيخين ، ووافقه الذهبي في تلخيصه

dan dalam riwayat muslim disebutkan bahwasanya salmah bin akwa' berkata :"kami berada di bulan ramadhan pada masa Rasulullah - salallahu 'alahi wasalam - barang siapa yang berpuasa diperbolehkan dan barang siapa yang ingin berbuka diperbolehkan berbuka " kemudian dia membayar fidyah makanan kepada fakir dan miskin hingga turunlah ayat berikut : maka barang siapa diantara kalian menyaksikan dan hadir ( di negri tempat tinggalnya ) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu ( QS al baqarah : 285). ( HR Muslim Imam dalam shahihnya (2/802), dalam kitab as shiyam hadist no (1903) dan al hakim dalam mustadroknya (1/423) dalam kitab as shiyam beliau berkata : hadist ini shahih sesui syarat dua syeikh ( bukhari-muslim ) dan ad dhahabiy menyetujuinya dalam talhishnya).

ثانياً : فضل شهر رمضان :

Kedua : Keutamaan Bulan Ramadhan


8. عن أبي هريرة -رضي الله عنه- أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : (( إذا جاء رمضان فتحت أبواب الجنة )). وفي رواية قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : (( إذا دخل شهر رمضان فتحت أبواب السماء ، وغلقت أبواب جهنم ، وسلسلت الشياطين )). - رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (4/112) كتاب الصوم، حديث رقم (1898،1899)، ورواه مسلم في صحيحه (2/758) كتاب الصيام ، حديث رقم (1079). (2،1) ، بزيادة في الرواية الأولى ، وفي الرواية الثانية (( فتحت أبواب الرحمة )) .

8. dari Abu hurairah -radiyallahu 'anhu-, sesungguhnya Rasulullah salallahu 'alahi wasalam bersabda: " apabila telah datang bulan ramadhan, dibuka pintu-pintu surga , dan dalam riwayat lain Rasulullah salallahu 'alahi wasalam bersabda : jika masuk bulan ramadhan maka dibuka pintu-pintu langit dan ditutup pintu-pintu nereka serta setan-setan di belenggu ( HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (4/112) dalam kitab as shiyam hadist no (1898 & 1899), dan Imam muslim dalam shahihnya (2/758), dalam kitab as shiyam hadist no (1079) (1,2) dan ada tambahan dalam riwayat yang pertama dan dalam riwayat yang kedua ( di buka pintu-pintu rahmah )).


9. عن ابن عباس – رضي الله عنهما – قال : ((ما صام النبي صلى الله عليه وسلم شهراً كاملاً قط غير رمضان ، ويصوم حتى يقول القائل : لا والله لا يفطر ، ويفطر حتى يقول القائل : لا والله لا يصوم))متفق عليه -. رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (4/215) كتاب الصوم،حديث رقم(1971) . ورواه مسلم في صحيحه(2/811) كتاب الصيام،حديث رقم (1157) .

9. diriwayatkan dari ibnu abbas radiyallahu 'anhu, dia berkata :Nabi Muhammad salallahu 'alahi wasalam tidak pernah berpuasa sebulan penuh kecuali pada bulan ramadhan. Dan beliau perpuasa sehingga seseorang berkata : "demi Allah dia tidak pernah berbuka, dan beliau pernah tidak berpuasa sehingga seseorang berkata : "Demi Allah seperti tidak pernah berpuasa." ( HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (4/215) dalam kitab as shiyam hadist no (1971), dan Imam muslim dalam shahihnya (2/811), dalam kitab as shiyam hadist no (1157))


10. عن عائشة – رضي الله عنها – قالت :((كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصوم حتى نقول لا يفطر ، ويفطر حتى نقول لا يصوم ، وما رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم استكمل صيام شهر إلا رمضان ، وما رايته أكثر صياماً منه في شعبان )) متفق عليه - رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (4/213) كتاب الصوم،حديث رقم(1969) . ورواه مسلم في صحيحه(2/810) كتاب الصيام،حديث رقم (1156) (175) .

10. Dari Aisyah radiyallahu 'anha dia berkata : " adalah Rasulullah -salallahu 'alahi wasalam- berpuasa sehingga kami katakan: tidak berbuka dan beliau berbuka hingga kami katakan : tidak berpuasa. Aku tidak pernah melihat Rasulullah-salallahu 'alahi wasalam- menyempurnakan puasa sebulan penuh kecuali puasa bulan Ramadhan, dan saya tidak pernah melihat beliau berpuasa lebih banyak pada bulan sya'ban ( HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (4/213) dalam kitab as shiyam hadist no (1969), dan Imam muslim dalam shahihnya (2/810), dalam kitab as shiyam hadist no (175 & 1156 ))


11. عن عبد الله بن شقيق قال : (( قلت لعائشة – رضي الله عنها - : هل كان النبي صلى الله عليه وسلم يصوم شهراً معلوماً سوى رمضان ؟ قالت : (( والله إن صام شهراً معلوماً سوى رمضان، حتى مضى لوجهه، و لا أفطر حتى يصيب منه)) - رواه مسلم في صحيحه(2/809، 810)كتاب الصيام ،حديث رقم (1156) ، (15) . ورواه الترمذي في سننه (2/133، 134) ، أبواب الصوم حديث رقم (765) . وقال حديث حسن صحيح .ورواه ابن خزيمة في صحيحه (3/304، 305)أبواب صوم التطوع ، حديث رقم (2132) .

11. Dari Abdullah bin Syaqiq radiyallahu 'anhu dia berkata :"aku bertanya kepada aisyah " apakah Nabi -salallahu 'alahi wasalam- berpuasa satu bulan tertentu selain Ramadhan ?" maka dia ( Aisyah ) menjawab : " Demi Allah aku tidak melihatnya berpuasa sebulan penuh kecuali Ramadhan hingga berlalu bulan itu darinya, dan tidak pernah berbuka hingga menyelesaikannya ( Hr. Imam muslim dalam shahihnya (2/809,810), dalam kitab as shiyam hadist no (15 & 1156)) dan imam at thirmidhi dalam sunannya (2/133,134) dalam abwaabus shoum hadist no (765) beliau berkata : hadist hasan shahih, dan ibnu huzaimah dalam shahihnya (3/304,305) dalam abwaabu shoum at tathawu' hadist (2132)).

وفي رواة قالت : (( وما رأيته صام شهراً كاملاً منذ قدم المدينة إلا أن يكون رمضان )) - رواه مسلم في صحيحه(2/810)كتاب الصوم ،حديث رقم (1156) ، (174) . ورواه الإمام أحمد في مسنده (6/157).

Dan dalam riwayat yang lain Aisyah radiyallahu 'anha berkata :" tidak lah aku melihatnya berpuasa sebulan penuh sejak datang di medinah kecuali puasa bulan ramadhan ( Hr. Imam muslim dalam shahihnya (2/810), dalam kitab as shiyam hadist no (174 & 1156 ) dan imam ahmad dalam musnadnya (6/157))


12. عن أبي هريرة – رضي الله عنه – أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يقول : (( الصلوات الخمس ، والجمعة إلى الجمعة ، ورمضان إلى رمضان ، مكفرات ما بينهن ، إذا اجتنب الكبائر )) - رواه الإمام أحمد في مسنده (2/400) . ورواه مسلم في صحيحه (1/209) كتاب الطهارة،حديث رقم (233) ، (16) ..

12. Dari abu hurairah radiyallahu 'anhu sesungguhnya Rasulullah -salallahu 'alahi wasalam- bersabda : " sholat lima waktu, dari jum'at ke jum'at, dan dari ramadhan ke ramadhan dapat menghapus dosa-dosa antara keduanya , selama dia menjauhi dosa-dosa besar ( HR. imam ahmad dalam musnadhnya (2/400) & Imam muslim dalam shahihnya (1/209), dalam kitab at thaharah hadist no (16 & 233 )).


13. عن أبي هريرة -رضي الله عنه- قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ((إذا كان أول ليلة من شهر رمضان صفدت الشياطين ومردة الجن ، وغلقت أبواب النيران فلم يفتح منها باب ، وفتحت أبواب الجنة فلم يغلق منها باب ، وينادي مناد يا باغي الخير أقبل ، ويا باغي الشر أقصر ، والله عتقاء من النار وذلك كل ليلة )) - رواه الترمذي في سننه (2/95، 96) ، أبواب الصوم حديث رقم (677) . وقال : حديث غريب .ورواه ابن خزيمة في صحيحه (3/188)أبواب فضائل شهر رمضان ، حديث رقم (1883) .ورواه ابن ماجه في سننه (1/526) كتاب الصوم ، رقم الحديث (1642) ، ورواه الحاكم في المستدرك ( 1/421) ، وقال : هذا حديث صحيح على شرط الشيخين ولم يخرجاه بهذه السياقة ، وقال الذهبي في تلخيصه : لم يخرجاه بهذه السياقة .

13. dari abu hurairah radiyallahu 'anhu berkata, bersada Rasulullah -salallahu 'alahi wasalam- : " jika datang awal bulan ramadhan, maka setan-setan dibelenggu, jin di penjara, pintu-pintu neraka di tutup, dan tidak ada satu pintupun yang dibuka, dan dibuka pintu-pintu surga dan tidak ada satu pintupun yang di tutup, dan seorang penyeru berkata " wahai orang yang mengharapkan kebaikan, terimalah, dan wahai orang yang mengharapkan kejelekan hentikanlah karena Allah mempunyai jalan untuk membebaskan diri dari neraka yaitu pada setiap malam ( HR at thirmidhi dalam sunannya (2/95,96) dalam abwabu as shoum hadist no (667) beliau berkata : hadist hasan gharib , dan ibnu khuzaimah dalam shahihnya (3/188) dalam abwabu fadhooili sahri romadhan, hadist no (1883), dan ibnu majah dalam sunannya (1/526) dalam kitab as shoum, hadist no ( 1642), dan al hakim dalam al mustadhrok (1/421) beliau berkata : hadist ini shahih sesui syarat dua syeikh walaupun keduanya tidak meriwayatkannya sesui lafad ini, dan berkata ad dhahabiy dalam talhisnya : keduanya ( bukhari & muslim pent.) tidak meriwayatkannya dengan lafad hadist ini).


14. عن أبي بكرة -رضي الله عنه- عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ((شهران لا ينقصان ، شهر عيد : رمضان وذو الحجة )) متفق عليه- رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (4/124) كتاب الصوم،حديث رقم(1912) . ورواه مسلم في صحيحه (2/766) كتاب الصيام،حديث رقم (1089) .

14.dari abu bakrah radiyallahu 'anhu, dari nabi Muhammad beliau bersabda : "dua bulan yang tidak mengurangi jumlahnya, dan terdapat hari raya : yaitu bulan ramadhan dan bulan dzul hijjah ( HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (4/124) dalam kitab as shiyam hadist no (1912), dan Imam muslim dalam shahihnya (2/766), dalam kitab as shiyam hadist no (1089))


15. عن أبي هريرة – رضي الله عنه – قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ((أتاكم رمضان . شهر مبارك ، فرض الله عز وجل عليكم صيامه تفتح فيه أبواب السماء ، وتغلق فيه أبواب الجحيم ، وتغل فيه مردة الشياطين ، لله فيه ليلة خير من ألف شهر من حرم خيرها فقد حرم )) - رواه الإمام أحمد في مسنده (2/230) . ورواه النسائي (4/129) كتاب الصيام ، وذكره المنذري في الترغيب والترهيب (2 /98) . وقال : رواه النسائي والبيهقي وكلاهما عن أبي هريرة ، ولم يسمع منه فيما أعلم .

15. dari Abu Hurairah radiyallahu 'anhu berkata, telah bersabda Rasulullah -salallahu 'alahi wasalam- : " telah datang pada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh barokah, dan Allah ta'alaa telah mewajibkan kepada kalian agar berpuasa, dan didalamnya pintu-pintu langit dibuka, pintu-pintu neraka jahannam di tutup, dan leher-leher setan di belenggu, demi Allah didalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan, maka barang siapa yang tidak mencari kebaikan maka dia tidak akan mendapatkannya ( HR. imam ahmad dalam musnadnya (2/230) dan an Nasai (4/129 dalam kitab as shiyam dan mundhiri menyebutkannya dalam at tarqhib wa at tarhib (2/98) dan beliau berkata diriwayatkan oleh an nasai dan al baihaqiy dan riwayat keduanya dari abu hurairah, dan tidaklah mendengar darinya apa-apa yang lebih diketahui)) .


16. عن أبي هريرة – رضي الله عنه –عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : (( لا يتقدمنَّ أحدكم رمضان بصوم يوم أو يومين ، إلا أن يكون رجل كان يصوم صومه فليصم ذلك اليوم )) متفق عليه- رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري(4/127، 128)كتاب الصوم،حديث رقم(1914)ورواه مسلم في صحيحه(2/762)كتاب الصيام،حديث رقم (1082) .

16. dari Abu Hurairah radiyallahu 'anhu dari Nabi Muhamad -salallahu 'alahi wasalam- beliau bersabda : " janganlah salah seorang dari kalian mendahului bulan Ramadhan dengan puasa satu hari atau dua hari kecuali seseorang yang ( terbiasa) berpuasa dengan suatu puasa maka boleh baginya berpuasa pada hari itu ( HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (4/127,128) dalam kitab as shiyam hadist no (1914), dan Imam muslim dalam shahihnya (2/762), dalam kitab as shiyam hadist no (1082)).



ثالثاً : فضل العبادات فيه :

Ketiga : Keutamaan ibadah di bulan ramadhan


17. عن أبي هريرة- رضي الله عنه-عن النبي صلى الله عليه وسلم قال:((من قام ليلة القدر إيماناً واحتساباً غفر له ما تقدم من ذنبه ، ومن صام رمضان إيماناً واحتساباً غفر له ما تقدم من ذنبه)) متفق عليه - رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (4/115) ، كتاب الصوم ، حديث رقم (1901) .ورواه مسلم في صحيحه (1/524،523) ، كتاب صلاة المسافرين ، حديث رقم (760) .

17. dari Abu Hurairah radiyallahu 'anhu bahwasannya Nabi Muhammad -salallahu 'alahi wasalam- bersabda : " barang siapa shalat pada malam lailatul qodar dengan penuh keimanan dan mencari ridho Allah, maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu, dan barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan ridho Allah maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. ( HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (4/115) dalam kitab as shiyam hadist no (1901), dan Imam muslim dalam shahihnya (1/523,524), dalam kitab al musafiriin hadist no (760).


18. عن أبي هريرة – رضي الله عنه – أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: (( من قام رمضان إيماناً واحتساباً غفر الله له ما تقدم من ذنبه)) متفق عليه - رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (1/92) ، كتاب الصوم، حديث رقم (37) .ورواه مسلم في صحيحه (1/523) ، كتاب صلاة المسافرين ، حديث رقم (759) .

18. dari Abu Hurairah -radiyallahu 'anhu- Sesungguhnya Rasulullah bersabda: " barang siapa shalat malam bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mencari ridho Allah, maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." ( HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (1/92) dalam kitab as shiyam hadist no (37), dan Imam muslim dalam shahihnya (1/523), dalam kitab sholat al musafiriin hadist no (759)).


19. عن أبي هريرة -رضي الله عنه- أن أعربياً أتي النبي صلى الله عليه وسلم فقال : دلني على عمل إذا عملته دخلت الجنة. قال : ((تعبد الله لا تشرك به شيئاً ، وتقيم الصلاة المكتوبة ، وتؤدي الزكاة المفروضة ، وتصوم رمضان . قال : والذي نفسي بيده لا أزيد على هذا . فلما ولى قال النبي صلى الله عليه وسلم : من سره أن ينظر إلى رجل من أهل الجنة فلينظر إلى هذا )) متفق عليه - رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (3/261) ،كتاب الزكاة، حديث رقم (1397) .ورواه مسلم في صحيحه (1/44) ، كتاب الإيمان ، حديث رقم (14) ..

19. dari Abu Hurairah -radiyallahu 'anhu- sesungguhnya seorang laki-laki badui datang kepada Rasulullah -salallahu 'alahi wasalam- , lalu dia berkata ''Tunjukkanlah kepadaku suatu amalan yang jika aku kerjakan dapat memasukkan aku kedalam surga. Maka beliau bersabda : "hendaklah engkau beribadah kepada Allah semata dan janganlah engkau menyekutukanNya dengan sesuatu apapun, dirikanlah sholat yang telah Allah wajibkan (5 waktu), dan menunaikan zakat yang diwajibkan, serta berpuasa pada bulan Ramadhan", lalu orang itu berkata : "Demi jiwaku yang berada di tanganNya, aku tidak akan menambah dari yang demikian itu", setelah orang itu pergi Nabi Muhammad bersabda : " Barang siapa yang ingin melihat seorang penghuni surga maka lihatlah laki-laki itu." (HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (3/261) dalam kitab az zakat hadist no (1397), dan Imam muslim dalam shahihnya (1/44), dalam kitab al iman hadist no (14)).


20. عن أبي قتادة – رضي الله عنه - : أن رجلاً أتى النبي صلى الله عليه وسلم فقال : كيف تصوم ؟ فغضب رسول الله صلى الله عليه وسلم فلما رأى عمر -رضي الله عنه- غضبه ، رضينا بالله رباً ، وبالإسلام ديناً ، وبمحمد نبياً ، نعوذ بالله من غضب الله وغضب رسوله ، فجعل عمر -رضي الله عنه-يردد هذا الكلام حتى سكن غضبه....ثم قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : (( ثلاث من كل شهر ، ورمضان إلى رمضان ، فهذا صيام الدهر كله ...... الحديث )) - رواه أحمد في مسنده ( 5/297) . ورواه مسلم في صحيحه (3/818، 819) كتاب الصيام ، حديث رقم (1162) . ورواه أبو داود في سننه (3/ 807، 808) كتاب الصوم ، حديث رقم ( 2425) . ورواه النسائي في سننه (4/209)كتاب الصيام ، باب صوم ثلثي الدهر ..ورواه ابن خزيمة في صحيحه (3/ 301) كتاب الصيام، حديث رقم (2126) ، مختصراً..

20. dari Abu Qotadah -radiyallahu 'anhu- , sesungguhnya ada seorang laki-laki menemui Nabi Muhammad -salallahu 'alahi wasalam- dan seraya bertanya:" bagimanakah engkau berpuasa ? Lalu Rasulullah -salallahu 'alahi wasalam- marah, ketika Umar melihatnya, dia juga ikut memarahinya kemudian berkata:" kami ridha Allah sebagai rabb kami, dan islam sebagai agama kami, dan Muhammad-salallahu 'alahi wasalam- sebagai Nabi kami, dan kami berlindung kepada Allah dari kemurkaanNya dan kemurkaan RasulNya." Umar terus mengulangi perkataan ini hingga kemarahannya reda……. Kemudian Rasulullah-salallahu 'alahi wasalam- bersabda : "berpuasa tiga hari di setiap bulan, dan bulan Ramadhan hingga Ramadhan berikutnya, inilah yang disebut puasa dahr ( sepanjang masa ) seluruhnya ( HR ahmad dalam musnadnya (5/297) & imam muslim dalam shahihnya (3/818,819) dalam kitab as shiyam, hadist no (1162) dan abu dawud dalam sunannya (3/807) dalam kitab as shiyam hadist no (2425) dan an nasai dalam sunannya (4/209) dalam kitab as shiyam dalam bab shaum stulusai ad dahr, dan ibnu huzaimah dalam shahihnya (3/301) dalam kitab as shiyam hadist no (2126) secara ringkas .


21. عن أبي أيوب الأنصاري -رضي الله عنه- أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : ((من صام رمضان ثم أتبعه ستاً من شوال كان كصيام الدهر )) -رواه أحمد في مسنده (5/417) ،. ورواه مسلم في صحيحه (2/822) كتاب الصيام ، حديث رقم (1164) . ورواه أبو داود في سننه (2/812، 813) كتاب الصوم ، حديث رقم (2433) ، ورواه الترمذي في سننه (4/129، 130) ، أبواب الصوم ، حديث رقم (756) .وقال :حديث حسن صحيح . ورواه ابن ماجه في سننه (1/547) كتاب الصيام ، حديث رقم (1716) ..

21. Dari Abu Ayub al Anshariy -radiyallahu 'anhu- sesungguhnya Rasulullah-salallahu 'alahi wasalam- bersabda : " barang siapa berpuasa Ramadhan kemudian diikutinya dengan mengerjakan puasa enam hari di bulan syawal maka pahalanya seperti puasa dahr (selama-lamanya). (HR Ahmad dalam musnadnya (5/417) dan Muslim dalam shahihnya (2/228) dalam kitab as shiyam hadist no (1164) dan Abu dawud dalam sunannya (2/812,813) dalam kitab as shiyam hadist no (2433) dan At tirmidhi dalam sunannya (4/129,130) dalam abwaabus shiyam hadist no (756) dan beliau berkata, hadist hasan shahih. Dan Ibnu Majah dalam sunannya (1/547) dalam kitab as shiyam hadist no (1716).


22. عن أبي هريرة – رضي الله عنه- قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (( أفضل الصيام بعد رمضان ، شهر الله المحرم ، وأفضل الصلاة بعد الفريضة ، صلاة الليل )) - رواه الإمام أحمد في مسنده ( 2/ 303) . ورواه مسلم في صحيحه (3/821) كتاب الصيام ، حديث رقم (1163) . ورواه أبو داود في سننه (2/ 811) كتاب الصوم ، حديث رقم ( 2429) . ورواه الترمذي في سننه مختصراً (2/12) أبواب الصوم ، حديث رقم (737) .وقال : حديث حسن . ورواه النسائي في سننه (3/206، 207)كتاب قيام الليل .باب فضل صلاة الليل. ورواه ابن خزيمة في صحيحه (3/281) أبواب صوم التطوع ، حديث رقم (2076) ..

22. dari Abu Hurairah -radiyallahu 'anhu- berkata, telah bersabda Rasulullah-salallahu 'alahi wasalam- : "sebaik-baiknya puasa setelah puasa ramadhan adalah puasa pada bulan Allah bulan Muharram, dan sebaik-baiknya shalat setelah sholat wajib adalah sholat malam (HR Ahmad dalam musnadnya (2/303) dan Muslim dalam shahihnya (3/821) dalam kitab as shiyam hadist no (2429) dan At tirmidhi dalam sunannya muhtashor (2/12) dalam abwaabus shiyam hadist no (737) dan beliau berkata, hadist hasan shahih. Dan An nasai dalam sunannya (3/206,207) dalam kitab qiyamul lail bab fadhlu sholatil lial Dan Ibnu kuzaimah dalam shahihnya (3/281) dalam abwaabus as shiyam hadist no (2076).


23. عن أبي هريرة -رضي الله عنه- قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (( رغم أنف رجل ذكرت عنده فلم يصلِّ علىَّ ، ورغم أنف رجل دخل عليه رمضان ثم انسلخ قبل أن يغفر له، ورغم أنف رجل أدرك أبواه فلم يدخلاه الجنة)) - رواه الإمام أحمد في مسنده ( 2/ 254) . ورواه الترمذي في سننه (5/210) أبواب الدعوات ، حديث رقم (3613) . وقال : حديث حسن غريب ، واللفظ له . ورواه ابن خزيمة في صحيحه (3/192، 193) حديث رقم (1888) .ورواه الحاكم في المستدرك (4/ 153، 154) كتاب البر والصلة ، عن كعب بن عجرة بلفظ آخر ، وقال : هذا حديث صحيح الإسناد ولم يخرجاه ، ووافقه الذهبي في تلخيصه ..

23. dari Abu Hurairah -radiyallahu 'anhu- berkata, telah bersabda Rasulullah-salallahu 'alahi wa salam- : "celakalah seseorang yang jika disebutkan namaku dihadapannya, dia tidak mengucapkan shalawat kepadaku, dan celakalah seseorang yang memasuki bulan Ramadhan kemudian bulan itu berlalu sebelum dosa-dosanya diampuni Allah, dan celakalah seseorang yang mendapati keduanya orang tuanya disisinya akan tetapi mereka tidak dapat memasukkannya kedalam surga." (HR Ahmad dalam musnadnya (2/254) dan At tirmidhi dalam sunannya (210/5) dalam abwaabu ad da'awaat hadist no (3613) dan beliau berkata, hadist hasan qharib dan lafah ini darinya. Dan Ibnu kuzaimah dalam shahihnya (3/192,193) hadist no (1888), dan Al hakim dalam al mustadrak (4/153, 154) dalam kitab al birr was shilah, dari ka'ab bin 'ajrah dengan lafahd yang lain, dan beliau berkata : hadist ini shahih secara isnad walaupun keduanya tidak meriwayatkannya dan ad dhahabiy menyepakatinya dalam talhishnya).


24. عن أبي هريرة -رضي الله عنه- قال :قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:(( من آمن بالله وبرسوله ، وأقام الصلاة ، وصام رمضان ، كان حقاً على الله أن يدخله الجنة جاهد في سبيل الله، أو جلس في أرضه التي ولد فيها ....الحديث)) - رواه الإمام أحمد في مسنده ( 2/ 335) . ورواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (6/11) كتاب الجهاد ، حديث رقم (2790)..

24. dari Abu Hurairah -radiyallahu 'anhu- berkata, telah bersabda Rasulullah -salallahu 'alahi wa salam-: "Barang siapa beriman kepada Allah dan RasulNya, dan menegakkan shalat, dan berpuasa Ramadhan maka hak Allah baginya adalah memasukkanya kedalam surga dengan berjihad dijalan Allah atau tinggal diam di negeri kelahirannya ……... (HR Ahmad dalam musnadnya (2/335) dan Bukhari dalam shahihnya yang dicetak bersama syarahnya fathul barii (6/11) dalam kitab al jihad hadist no (2790).


25. عن ابن عباس -رضي الله عنهما- أنه قال : ((كان النبي صلى الله عليه وسلم أجود الناس بالخير، وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل-عليه السلام- يلقاه كل ليل في رمضان حتى ينسخ، يعرض عليه النبي صلى الله عليه وسلم القرآن ، فإذا لقيه جبريل -عليه السلام- كان أجود بالخير من الريح المرسلة )) متفق عليه - رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري(4/116) كتاب الصوم، حديث رقم (1902).ورواه مسلم في صحيحه(2/1803) كتاب الفضائل، حديث رقم(2308).

25. dari Ibnu Abbas -radiyallahu 'anhu- sesunggunya dia berkata :"adalah Rasulullah-salallahu 'alahi wa salam- seseorang yang paling dermawan dalam perkara kebaikan, dan beliau lebih dermawan lagi pada bulan ramadhan, tatkala beliau bertemu dengan malaikat jibril –alaihis salam-, yang bertemu pada setiap malam di bulan ramadhan hingga ramdhan berakhir, Nabi Muhammad-salallahu 'alahi wasalam- membacakan dihadapanya, apabila Rasulullah-salallahu 'alahi wasalam- bertemu dengan malaikat jibril –alaihis salam- maka beliau adalah orang yang paling dermawan dalam semua perkara kebaikan melebihi angin yang di hembuskan. (HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (4/116) dalam kitab as shaum hadist no (1902), dan Imam muslim dalam shahihnya (2/1803), dalam kitab al fadhooil hadist no (2308).


26. عن ابن عباس – رضي الله عنهما - : (( لما رجع النبي صلى الله عليه وسلم من حجته قال لأم سنان الأنصارية :((ما منعك من الحج ؟ قالت : أبو فلان -تعني زوجها – كان له ناضحانحج على أحدهما والآخر يسقي أرضاً لنا .قال : فإن عمرة في رمضان تقضي حجة معي )) متفق عليه - رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري(4/73،72)كتاب جزاء الصيد،حديث رقم(1863).ورواه مسلم في صحيحه(1/44)كتاب الحج،حديث رقم (1256)

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma, dia berkata, " Ketika Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pulang dari hajinya, beliau bertanya kepada Ummu Sinan Al-Anshariyah,' Apakah yang menghalangimu untuk mengerjakan ibadah haji?' Wanita itu menjawab, ' Ayah si Fulan – maksudnya adalah suaminya – mempunyai 2 ekor unta. Suami dan anakku telah pergi mengerjakan haji dengan seekor unta, sedangkan seekor unta lainnya untuk mengangkut air pada tanah kami'. Rasulullah Shallalahu Alaihi wa Sallam bersabda, ' Sesungguhnya mengerjakan umrah pada bulan Ramadhan pahalanya sama dengan mengerjakan haji bersamaku'." ( HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (4/72,73) dalam kitab jazaau as shoid hadist no (1863), dan Imam muslim dalam shahihnya (1/44), dalam kitab al hajj hadist no (1256).


27. عن معاذ بن جبل -رضي الله عنه- قال:(( كنت مع النبي صلى الله عليه وسلم في سفر، فأصبحت يوماً قريباً منه ونحن نسير ، فقلت: يا نبي الله أخبرني بعمل يدخلني الجنة ويباعدني من النار. قال :((لقد سألت عن عظيم وإنه ليسير على من يسره الله عليه، تعبد الله ولا تشرك به شيئاً، وتقيم الصلاة ، وتؤتي الزكاة، وتصوم رمضان، وتحج البيت ....الحديث)) - رواه الإمام أحمد في مسنده ( 5/ 231) . ورواه الترمذي في سننه (4/124، 125) أبواب الإيمان ، حديث رقم (2749) . وقال : حديث حسن صحيح ،ورواه ابن ماجه في سننه (2/1314، 1315) كتاب الفتن ، حديث رقم (3973) . ورواه الحاكم في مستدركه (2/ 76) كتاب الجهاد ، وقال : هذا حديث صحيح على شرط الشيخين ولم يخرجاه ، ووافقه الذهبي في تلخيصه .

27. Dari mu'ad bin jabal -radiyallahu 'anhu- dia berkata: "aku pernah bersama Nabi-salallahu 'alahi wasalam- dalam suatu perjalanan, pada satu hari aku dekat sekali dengan beliau dan kami berjalan, maka aku bertanya: " Wahai Nabi Allah beritahukan kepadaku suatu amalan yang dapat memasukkan aku kedlaam surga dan menjauhkan aku dari neraka", Rasulullah-salallahu 'alahi wasalam- menjawab: " sungguh kamu telah bertanya suatu masalah yang besar, sesungguhnya hal ini akan menjadi mudah bagi orang-orang yang Allah beri kemudahan atasnya, yaitu hendaklah kamu beribadah kepada Allah semata dan tidak menyekutukannya dengan suatu apapun, dan tegakkanlah shalat, dan tunaikan zakat, dan berpuasalah di bulan ramdhan, dan menjalankan ibadah haji kebaitullah…….. (HR Ahmad dalam musnadnya (5/231) dan At tirmidhi dalam sunannya (4/124,125) dalam abwaabul iman hadist no (2749) dan beliau berkata, hadist hasan shahih.dan ibnu majah dalam sunannya (2/1314,1315) dalam kitab al fitan hadist no (3973) Dan al hakim dalam mustadrak (2/76) dalam kitab al jihad, dan beliau berkata : hadist ini shahih sesui dengan syarat as syeikhaini walaupun keduanya tidak meriwayatkannya, dan imam ad dhahabiy menyetujuinya dalam talhisnya.

رابعاً : صلاة التراويح :

Ke-empat Shalat Tarawih


28. عن عائشة أم المؤمنين-رضي الله عنها- ((أن رسول الله صلى الله عليه وسلم صلى ذات ليلة في المسجد فصلى بصلاته ناس ، ثم صلى من القابلة فكثر ، ثم اجتمعوا من الليلة الثالثة أو الرابعة فلم يخرج إليهم رسول الله صلى الله عليه وسلم، فلما أصبح قال: (( قد رأيت الذي صنعتم، ولم يمنعني من الخروج إليكم إلا أني خشيت أن تفرض عليكم وذلك في رمضان )). متفق عليه- رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري(3/10) كتاب التهجد ، حديث(1129) ورواه مسلم في صحيحه( 1/524) كتاب صلاة المسافرين، حديث رقم (761).

28. diriwayatkan dari aisyah -radiyallahu 'anha-:" Sesungguhnya Rasulullah salallahu 'alahi wa salam- pada suatu malam shalat di masjid maka beberapa orang turut ikut shalat bersama beliau, kemudian beliau shalat pada malam berikutnya & bertambah banyak jumlah mereka, kemudian ketika mereka berkumpul pada malam ketiga atau keempat, rasulullah tidak keluar untuk shalat bersama mereka, ketika pagi telah tiba beliau bersabda : "sesungguhnya aku melihat apa yang telah kalian lakukan, dan tidak ada yang mencegahku keluar kepada kalian ( untuk melakukan shalat ) kecuali aku takut sekiranya perkara ini di fardhukan atas kalian, dan peristiwa itu terjadi pada bulan ramdhan. ( HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (3/10) dalam kitab al tahajjud hadist no (1129), dan Imam muslim dalam shahihnya (1/524), dalam kitab shalatul musafiriin hadist no (761)).

وفي رواية (( ولكني خشيت أن تفرض عليكم فتعجزوا عنها)) - رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (4/250،251) كتاب صلاة التراويح ، حديث (2012) ورواه مسلم في صحيحه( 1/524) ، كتاب صلاة المسافرين ، حديث رقم (761) (178).

Dan dalam riwayat lain : akan tetapi aku takut sekiranya perkara ini di fardhukan atas kalian dan kalian tidak mampu melaksanakannya ( HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (4/250,251) dalam kitab shalat at taraawih hadist no (2012), dan Imam muslim dalam shahihnya (1/524), dalam kitab shalatul musafiriin hadist no (178,761)).


29. عن أبي سلمة بن عبد الرحمن أنه سأل عائشة – رضي الله عنها - : كيف كان صلاة رسول الله صلى الله عليه وسلم في رمضان ؟ فقالت : ((ما كان يزيد في رمضان ولا في غيره على أحد عشرة ركعة، يصلي أربعاً فلا تسأل عن حسنهن وطولهن ، ثم يصلى أربعاً فلا تسأل عن حسنهن وطولهن ، ثم يصلى ثلاثاً . فقلت : يا رسول الله أتنام قبل أن توتر ؟ قال : ((يا عائشة إن عيني تنامان ، ولا ينام قلبي )) . متفق عليه- رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (4/251) كتاب صلاة التراويح ، حديث (2012)ورواه مسلم في صحيحه( 1/509) ،كتاب صلاة المسافرين، حديث رقم (738). .

29. dari abu salamah bin abdur Rahman-radiyallahu 'anhu- sesungguhnya dia bertanya kepada aisyah -radiyallahu 'anha-, " bagaimana shalat Rasulullah salallahu 'alahi wasalam- pada malam ramadhan ?" maka asiyah menjawab : "beliau tidak menambah bilangan rakaat shalat pada bulan ramdahan atau pada bulan-bulan selainnya lebih dari sebelas raka'at, beliau shalat empat rakaat dan jangan engkau Tanya mengenai bagus dan panjangnya, kemudian beliau shalat empat rakaat dan jangan engkau Tanya mengenai bagus dan panjangnya, kemudian beliau shalat tiga rakaat, dan aku bertanya : " Ya Rasulallah apakah engkau tidur sebelum mengerjakan shalat witir ?" beliau menjawab: "wahai aisyah sesungguhnya kedua mataku tidur tetapi hatiku tetap sadar dan terjaga ( HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (4/251) dalam kitab shalat at taraawih hadist no (2012), dan Imam muslim dalam shahihnya (1/509), dalam kitab shalatul musafiriin hadist no (738)).


30. عن عبد الرحمن بن عبد القادرّي أنه قال :((خرجت مع عمر بن الخطاب-رضي الله عنه- ليلة في رمضان إلى المسجد، فإذا الناس أوزاع متفرقون يصلي الرجل لنفسه ، ويصلي الرجل فيصلي بصلاته الرهط ، فقال عمر: إني أرى لو جمعت هؤلاء على قارئ واحد لكان أمثل ، ثم عزم فجمعهم على أُبي بن كعب ، ثم خرجت معه ليلة أخرى والناس يصلون بصلاة قارئهم ، قال عمر: نعم البدعة هذه ، والتي ينامون عنها أفضل من التي يقومون -يريد آخر الليل- وكان الناس يقومون أوله )) - رواه مالك في الموطأ (1/114، 115) كتاب الصلاة في رمضان ، حديث رقم (3) . ورواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري(4/250) كتاب صلاة التراويح ، حديث (2010) . ورواه البيهقي في سننه (2/493) كتاب الصلاة ، باب قيام شهر رمضان . .

30. diriwayatkan dari Abdur Rahman bin Abdul Qodiriy -radiyallahu 'anhu- bahwasannya dia berkata, " aku keluar bersama dengan umar bin khatab -radiyallahu 'anhu- pada suatu malam di bulan ramdhan kemasjid, tatkala itu manusia berpencar-pencar shalat sendiri-sendiri, ada seorang yang shalat barsamanya sekelompok orang yang shalat yang sama, lalu umar berkata, " sesugguhnya aku berpendapat, seandainya aku kumpulkan orang-orang yang shalat ini pada satu qari ( imam ) akan lebih baik, kemudian beliau bersungguh-sungguhn dengan pendapatnya dan di terima hingga mereka disatukan di bawah pimpinan ( imam ) ubai bin ka'ab, kemudian saya keluar bersama beliau pada malam lainnya dan orang-orang mengerjakan shalat dengan berjama'ah satu imam, berkata umar : " ini adalah sebaik-baiknya bid'ah ( hal yang baru ), dan orang yang tidur terlebih dahulu, kemudian bangun di akhir malam lebih baik dari pada orang-orang yang bangun di awal malam (dan tidur di akhir malam) ( HR Malik dalam al muwathaa (114,115) dalam kitab shalat fir ramadhan hadist no (3) dan Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (4/250) dalam kitab shalat at taraawih hadist no (2010), dan al baihaqiy dalam sunannya (2/493) dalam kitab as shalat bab qiyamu syahri ramadhan).

خامساً : العشر الأواخر :

Kelima : sepuluh malam terakhir


31. عن عائشة - رضي الله عنها- قالت ((كان النبي صلى الله عليه وسلم إذا دخل العشر شد مئزره ، وأحيا ليله ، وأيقظ أهله )) متفق عليه- رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (4/269) كتاب فضل ليلة القدر ، حديث (2024) ورواه مسلم في صحيحه( 2/832) ، كتاب الاعتكاف ، حديث رقم (1174)..

31. diriwayatkan dari Aisyah -radiyallahu 'anha- dia berkata : " adalah Rasulullah salallahu 'alahi wasalam- jika telah telah tiba sepuluh malam terakhir bulan ramdhan amat bersungguh-sungguh, menghidupkan ibadah malamnya, membangunkan istri istri dan keluarganya ( HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (4/269) dalam kitab fadlu lailatil qadar hadist no (2024), dan Imam muslim dalam shahihnya (2/832), dalam kitab al I'tikaf hadist no (1174)).


32. عن عائشة-رضي الله عنها-قالت((كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يجتهد في العشر الأواخر، مالا يجتهد في غيره)) - رواه الإمام أحمد في مسنده ( 6/ 82) . ورواه مسلم في صحيحه (2/832) كتاب الاعتكاف، حديث رقم (1175) . ورواه الترمذي في سننه (2/146) أبواب الصوم ، حديث رقم (793) .وقال : هذا حديث غريب حسن صحيح. ورواه أبن ماجه في سننه (1/ 562) كتاب الصيام ، حديث رقم ( 1767) . ورواه ابن خزيمة في صحيحه (3/342) كتاب الصيام ، حديث رقم (2215) .

32. dari Aisyah -radiyallahu 'anha- dia berkata : " adalah Rasulullah salallahu 'alahi wasalam- bersungguh-sungguh ( bangun malam ) pada sepuluh hari terakhir bulan ramadhan yang beliau tidak lakukan kesungguhan seperti itu pada malam-malam selainnya (HR Ahmad dalam musnadnya (6/82) dan Muslim dalam shahihnya (2/832) dalam kitab al I'tikaf hadist no (1175) dan At tirmidhi dalam sunannya (2/146) dalam abwaabus shiyam hadist no (793) dan beliau berkata, hadist qharib hasan shahih. Dan ibnu majah dalam sunannya (1/562) dalam kitab as shiyam hadist no (1767) Dan Ibnu kuzaimah dalam shahihnya (3/342) dalam abwaabus as shiyam hadist no (2215).

سادساً : الاعتكاف :

Keenam : I'tikaf


33. عن أبي سلمة قال : انطلقت إلى أبي سعيد الخدري فقلت : ألا تخرج بنا إلى النخل نتحدث ؟ فخرج . قال قلت : حدثني ما سمعت من النبي صلى الله عليه وسلم في ليلة القدر ؟ قال : (( اعتكف رسول الله صلى الله عليه وسلم عشر الأول من رمضان واعتكفنا معه ، فأتاه جبريل فقال : إن الذي تطلب أمامك . قام النبي صلى الله عليه وسلم خطيباً صبيحة عشرين من رمضان فقال : (( من كان اعتكف مع النبي صلى الله عليه وسلم فليرجع فإني أريت ليلة القدر، وإني نُسّتُها ، وإنها في العشر الأواخر في وتر ، وإني رأيت كأني أسجد في طين وماء . وكان سقف المسجد جريد النخل، وما نرى في السماء شيئاً ، فجاءت قزعة فأمرنا ، فصلى بنا النبي صلى الله عليه وسلم حتى رأيت أثر الطين والماء على جبهة رسول الله صلى الله عليه وسلم وأرنبته تصديق رؤياه )) متفق عليه- رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (2/298) كتاب الأذان ، حديث (813) ورواه مسلم في صحيحه( 2/824) ، كتاب الصيام ، حديث رقم (1164).

33. diriwayatkan dari Abu Salamah -radiyallahu 'anhu- dia berkata: aku pergi ke abu sa'id al khudri'i maka aku berkata : " alangkah baiknya jika kita keluar ke kebun kurma dan kita berbincang-bincang ? maka kami keluar, maka aku berkata : caritakan kepadaku tentang apa-apa yang kamu dengar dari Nabi Muhammad -salallahu 'alahi wasalam- pada malam lailatul qadar? Maka beliau berkata : Rasulullah pernah beriktikaf ( berdiam diri di masjid ) pada sepuluh hari awal bulan ramadhan dan kami beri'tikaf bersama beliau, maka datanglah malaikat jibril dan berkata : sesungguhnya yang engkau cari ada didepanmu. Dan Rasulullah -salallahu 'alahi wasalam- berdiri dan berkutbah pada pagi, hari ke duapuluh bulan ramadhan dan beliau bersabda : barang siapa yang beri'tikaf bersama nabi maka hendaklah kembali karena sesungguhnya aku akan memperlihatkan malam lailatul qadar dan aku mensunnahkannya, dan sesungguhnya itu terjadi pada sepuluh akhir bulan ramdhan yang jatuh pada bilangan ganjil ( witir), dan aku melihat seakan-akan aku bersujud diatas tanah yang berair, dan saat itu atap masjid terbuat dari pelepah daun kurma, dan saat itu kami tidak melihat bekas sesuatu tanda ( hujan ) yang dilangit, maka datangkah qoza'ah dan beliau memerintahkan kami ( adzan ), maka nabi Muhammad shalat bersama kami dan kami melihat bekas tanah dan air di kening Rasulullah seakan-akan bukti bagi kami akan kebenaran mimpi beliau. ( HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (2/298) dalam kitab adhan hadist no (813), dan Imam muslim dalam shahihnya (2/824), dalam kitab as shiyam hadist no (1164)).


34. عن عائشة – رضي الله عنها – زوج النبي صلى الله عليه وسلم: (( أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يعتكف العشر الأواخر من رمضان ، حتى توفاه الله تعالى ، ثم اعتكف أزواجه من بعده )) متفق عليه . - رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (4/271) كتاب الاعتكاف ، حديث رقم (2026) . ورواه مسلم في صحيحه (2/831) كتاب الاعتكاف ، حديث رقم (1172)(5).

34. dari aisyah -radiyallahu 'anha- istri Nabi : sesunggunya nabi beri'tikaf pada sepuluh terakhir dari bulan ramadhan, hingga Allah ta'ala mewafatkan beliau, kemudian istri-istri beliau beri'tikaf setelahnya ( HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (4/271) dalam kitab al I'tikaf hadist no (2026), dan Imam muslim dalam shahihnya (2/831), dalam kitab al I'tikaf hadist no (5,1172)).


35. عن عبد الله بن عمر -رضي الله عنه- قال ((أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يعتكف العشر الأواخر من رمضان )) متفق عليه . - رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (4/271) كتاب الاعتكاف ، حديث رقم (2025) . ورواه مسلم في صحيحه (2/830) كتاب الاعتكاف ، حديث رقم (1171) .

35. diriwayatkan dari Abdullah bin Umar-radiyallahu 'anhu- , sesungguhnya Nabi -salallahu 'alahi wasalam- beri'tikaf pada sepuluh hari terakhir dibulan ramadhan ( HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (4/271) dalam kitab al I'tikaf hadist no (2025), dan Imam muslim dalam shahihnya (2/830), dalam kitab al I'tikaf hadist no (1171)).


36. عن أبي هريرة - رضي الله عنه - قال((كان النبي صلى الله عليه وسلم يعتكف في كل رمضان عشرة أيام، فلما كان العام الذي قبض فيه اعتكف عشرين يوماً )). - رواه الإمام أحمد في مسنده ( 2/ 336) .ورواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (4/284) كتاب الاعتكاف ، حديث رقم (2044) . ورواه أبو داود في سننه (2/832) كتاب الصوم، حديث رقم (2466) . ورواه أبن ماجه في سننه(1/ 562) كتاب الصيام ، حديث رقم( 1769) .وزاد فيه ( وكان يعرض عليه القرآن في كل عام مرة ، فلما كان العام الذي قبض فيه عرض عليه مرتين ) ورواه الدارمي في سننه (2/27) كتاب الصيام ، باب اعتكاف النبي صلى الله عليه وسلم .ورواه ابن خزيمة في صحيحه (3/344) أبواب الاعتكاف ، حديث رقم (2221) .

36. dari Abu Hurairah -radiyallahu 'anhu- berkata : adalah Nabi Muhammad -salallahu 'alahi wasalam- beri'tikaf setiap hari pada sepuluh hari terakhir dari bulan ramadhan, maka pada tahun ketika beliau meninggal beliau beri'tikaf sebanyak 20 hari ( HR. Imam Ahmad dalam musnadnya (2/336), dan Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (4/284) dalam kitab al I'tikaf hadist no (2044), dan Abu dawud dalam sunannya (2/832), dalam kitab as shiyam hadist no (1769) dan ada tambahnnya : dan Al qur'an diturunkan kepadanya setiap tahun sekali, tatkala pada tahun wafatnya beliau di turunkan dua kali dan ad dharimiy dalam sunannya (2/27) dalam kitab as shiyam bab I'tikaf nabi , dan ibnu huzaimah dalam shahihnya (3/344) dalam abwaab al I'tikaf hadist no (2221)).


37. عن أبي كعب -رضي الله عنه- ((أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يعتكف العشر الأواخر من رمضان ، فسافر سنة فلم يعتكف ، فلما كان العام المقبل اعتكف عشرين يوماً )). رواه الإمام أحمد في مسنده ( 5/ 141) . ورواه أبو داود في سننه(2/830) كتاب الصوم، حديث رقم (2463) . ورواه الترمذي في سننه (2/148) أبواب الصوم ، حديث رقم (800) .عن أنس بن مالك ،قال : هذا حديث غريب حسن صحيح. ورواه أبن ماجه في سننه(1/ 562) كتاب الصيام ، حديث رقم( 1770) . ورواه الحاكم في المستدرك (1/ 439) كتاب الصوم ، عن أنس بن مالك ، وقال : هذا حديث صحيح على شرط الشيخين ولم يخرجاه ،ووافقه الذهبي في تلخيصه .وذكر حديث أبي بن كعب كشاهد وحكم عليه بالصحة . ووافقه الذهبي .


37. diriwayatkan dari Ubai bin Ka'ab -radiyallahu 'anhu-: sesungguhnya Rasulullah -salallahu 'alahi wasalam- beri'tikaf pada sepuluh hari tarakhir di bulan ramadhan lalu beliau berpergian ( musafir ) selama setahun hingga beliau tidak beri'tikaf, pada pad atahun berikutnya beliau beri'tikaf selama 20 hari (HR Ahmad dalam musnadnya (5/141) dan Abu dawud dalam sunannya (2/830) dalam kitab as shiyam hadist no (2463) dan At tirmidhi dalam sunannya (1/148) dalam abwaabus shiyam hadist no (800) dari anas bin malik dan beliau berkata, hadist ini qharib hasan shahih. Dan ibnu majah dalam sunannya (1/562) dalam kitab as shiyam hadist no (1770) Dan al hakim dalam mustadrak (1/439) dalam kitab as shiyam dari anas bin malik, dan beliau berkata : " hadist ini shahih sesui syarat syeikhaini walaupun keduanya tidak meriwayatkannya, dan menyetujuinya ad dhahabiy dalam talhisnya dan beliau menyebutkan hadist riwayat abaiy bin ka'ab sebagai penguat dan menghukuminya dengan shahih imam dhahabiy menyetujuinya.


سابعاً : ليلة القدر :

Ketujuh : malam lailatul qadar


38. عن عائشة -رضي الله عنها- أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: ((تحروا ليلة القدر في الوتر من العشر الأواخر من رمضان )) متفق عليه . - رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (4/259) كتاب فضل ليلة القدر ، حديث رقم (2017) . ورواه مسلم في صحيحه (2/828) كتاب الصيام ، حديث رقم (1169) .

38. diriwayatkan dari Aisyah -radiyallahu 'anha- bahwasanya Rasulullah -salallahu 'alahi wasalam- bersabda : " carilah lailatul qadar pada bilangan yang ganjil dari sepuluh hari tearakhir di bulan ramadhan" ( HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (4/271) dalam kitab fadlu lailatil qadar hadist no (2017), dan Imam muslim dalam shahihnya (2/828), dalam kitab as shiyam hadist no (1169)).


وفي رواية للبخاري (( كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يجاور في العشر الأواخر من رمضان ويقول: تحروا ليلة القدر في الوتر من العشر الأواخر من رمضان )). - رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (4/259) كتاب فضل ليلة القدر ، حديث رقم (2020).

Dan dalam riwayat bukhari lainnya, disebutkan , bahwa Rasulullah -salallahu 'alahi wasalam- beri'tikaf pada sepuluh hari terakhir di bulan ramadhan dan beliau bersabda : " carilah lailatul qadar pada bilangan yang ganjil dari sepuluh hari tearakhir di bulan ramadhan" " ( HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (4/259) dalam kitab fadlu lailatil qadar hadist no (2020)


39. عن أبي هريرة - رضي الله عنه - أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال(( أريت ليلة القدر ، ثم أيقظني بعض أهلي فُنسيتها . فالتمسوها في العشر الغوابر)) - رواه مسلم في صحيحه(2/824)كتاب الصيام ،حديث رقم (1166) . ورواه الدارمي في سننه (2/28) ، كتاب الصيام ، باب في ليلة القدر . ورواه ابن خزيمة في صحيحه (3/333) ، حديث رقم (2119) ..

39. dari Abu Hurairah -radiyallahu 'anhu- sesungguhnya Rasulullah -salallahu 'alahi wasalam- bersabda : aku bermimpi malam lailatul qadar kemudian aku di bangunkan oleh sebagian istriku hingga aku lupa tentangnya, maka carilah lailatul qadar itu pada sepuluh malam terakhir ( bulan ramadhan ) ( HR. Imam muslim dalam shahihnya (2/824), dalam kitab as shiyam hadist no (1166) dan ad dharimiy dalam sunannya (2/28) dalam kitab as shiyam bab fi lailatul qadar dan ibnu huzaimah dalam shahihnya (3/333) hadist no (2119).


40. عن ابن عباس – رضي الله عنهما - أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : (( التمسوها في العشر الأواخر من رمضان ليلة القدر في تاسعة تبقى ، في سابعة تبقى ، في خامسة تبقي )) - رواه الإمام أحمد في مسنده ( 1/ 297) . ورواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (4/260) كتاب فضل ليلة القدر ، حديث رقم (2021) . ورواه أبو داود في سنه (1 / 108، 109) كتاب الصلاة ، حديث رقم (1381)

40 diriwayatkan dari Ibnu Abbas -radiyallahu 'anhu- bahwasanya nabi Muhammad -salallahu 'alahi wasalam- bersabda : " carilah malam lailatul qadar pada sepuluh akhir dibulan ramadhan pada malam ke-21 , atau malam ke-23, atau malam ke-25 ( HR Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathu al bariy (4/260) dalam kitab fadlu lailatil qadar hadist no (2021) dan abu dawud dalam sunanya (1/108,109) dalam kitab as shalat hadist no (1381).


41. عن ابن عباس – رضي الله عنهما - أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال :((هي في العشر الأواخر ، في تسع يمضين ، أو في سبع يبقين )) - رواه الإمام أحمد في مسنده ( 1/ 281) .وفيه (( في سبع يمضين أو سبه يبقين ورواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (4/260) كتاب فضل ليلة القدر ، حديث رقم (2022) . واللفظ له.

41. dari Ibnu Abbas -radiyallahu 'anhu- sesungguhnya Rasulullah -salallahu 'alahi wasalam- bersabda : " lailatul qadar itu terjadi pada sepuluh akhir (bulan Ramadhan ), jatuh pada malam ke-29 atau malam ke-23 ( HR ahmad dama musnadnya (1/281) dan di dalam ada lafadh :" dalam malam ke-23 , dan bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathul barii (4/260) dalam kitab fadlu lailatil qadar hadist no (2022) dan ini lafad darinya).


42. عن عبادة بن الصامت -رضي الله عنه- قال : ((خرج النبي صلى الله عليه وسلم ليخبرنا بليلة القدر، فتلاحى رجلان من المسلمين فقال: خرجت لأخبركم بليلة القدر، فتلاحى فلان وفلان فرفعت، وعسى أن يكون خيراً لكم، فالتمسوها في التاسعة والسابعة والخامسة )) - رواه مالك في الموطأ (1/320) كتاب الاعتكاف ،حديث رقم (13) عن أنس بن مالك ، قال ابن عبد البر في التمهيد (2/200) . هكذا روى ابن مالك هذا الحديث لا خلاف عنه في إسناده ومتنه ......... وإنما الحديث لأنس عن عبادة بن الصامت .ا.هـ . رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (4/267) كتاب فضل ليلة القدر ، حديث رقم (2023) واللفظ له. ورواه الدارمي في سننه (2/27،28) ، كتاب الصيام ، باب في ليلة القدر . ورواه ابن خزيمة في صحيحه (3/334) ، حديث رقم (2198) . .

42. dari Ubadah bin Samad -radiyallahu 'anhu- beliau berkata: "Nabi Muhammad -salallahu 'alahi wasalam- keluar untuk memberi tahu tentang lailatul qadar, maka tiba-tiba dua orang islam mengangkat suara keras-keras hingga Rasulullah bersabda: " saya keluar untuk memberi tahukan kepada kalian tentang lailatul qadar – lalu si fulan dan sifulan berteriak – teriak mengangkat suara – semoga membawa kebaikan untuk kalian, maka carilah lailatul qadar itu pada malam ke-9 , ke-7 , ke-5 ( akhir dari bulan ramadhan ). ( HR. malik dalam al mawathaa (1/320) dalam kitab al I'tikaf hadist no (13) dari anas bin malik , berkata ibnu abdil barr dalam alt tamhid (2/200) demikian hadist yang diriwayatkan ibnu malik dan tidak ada perselisihan tentang sanad dan matannya, ……. Adapun yang diperselisihkan adalah hadistnya anas dari ubadah bin shamad (selesai) dan (HR. Bukhari dalam shahihnya yang di cetak bersama syarahnya fathul barii (4/267) dalam kitab fadlu lailatil qadar hadist no (2023) dan lafad darinya, dan ad dharimiy dalam sunannya(2/27,28) dalam kitab as shiyam bab fi lailatil qadar dan ibnu huzaimah dalam shahihnya (3/334) hadist no (2198).


43. عن ا بن عمر – رضي الله عنهما- قال ((أن رجالاً من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم أروا ليلة القدر في المنام في السبع الأواخر ، فمن كان متحريها فليتحرها في السبع الأواخر )) متفق عليه . - رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (4/256) كتاب فضل ليلة القدر ، حديث رقم (2015) . ورواه مسلم في صحيحه (2/822، 823) كتاب الصيام ، حديث رقم (1165) .

43. dari ibnu umar – semoga Allah meridhoi keduanya – berkata :" sesungguhnya beberapa orang dari kalangan sahabat Rasulullah – sallahu 'alahi wasalam- telah bermimpi melihat lailatul qadar pada tujuh hari terakhir. Oleh karena itu Barang siapa yang ingin mencarinya hendaklah ia mencarinya pada tujuh hari terakhir tersebut ( HR. Bukhari – Muslim ).


44. عن عبد الله بن أنيس أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : (( رأيت ليلة القدر ثم أنسيتها ، وأراني صبيحتها أسجد في ماء و طين)) ، فمطرنا ليلة ثلاث وعشرين فصلى بنا رسول الله صلى الله عليه وسلم فانصرف وإن أثر الماء والطين على جبهته وأنفه- رواه الإمام أحمد في مسنده ( 3/ 495) . ورواه مسلم في صحيحه (2/827) كتاب الصيام ، حديث رقم (1168) . ورواه ابن خزيمة في صحيحه (3/328) ، حديث رقم (2185، 2186) بلفظ آخر ..

44.diriwayatkan dari Abdullah bin Anis -radiyallahu 'anhu- bahwasanya Rasulullah salallahu 'alaihi wasalam bersabda : " aku bermimpi tentang lailatul qadar, kemudian aku lupa dan pagi harinya aku bersujud diatas air dan Lumpur, lalu pada malam ke-23 kami kehujanan dan Rasulullah salallahu 'alaihi wasalam shalat bersama kami, lalu beliau pulang sedangkan bekas air dan Lumpur masih membekas pada kening dan hidungnya ( HR ahmad )


45. عن عيينة بن عبد الرحمن قال : حدثني أبي قال : ذكرت ليلة القدر عند أبي بكرة فقال : ما أنا بملتمسها لشيء سمعته من رسول الله صلى الله عليه وسلم إلا في العشر الأواخر، فإني سمعته يقول :(( التمسوها في تسع يبقين ، أو سبع يبقين، أو خمس يبقين ، أو ثلاث أو آخر ليلة )) . قال : وكان أبو بكرة يصلي في العشرين من رمضان كصلاته في سائر السنة فإذا دخل العشر اجتهد- رواه الترمذي في سننه (2/145) أبواب الصوم ، حديث رقم (791) . وقال : هذا حديث حسن صحيح . ورواه ابن خزيمة في صحيحه (3/324) ، حديث رقم (2175) ورواه الحاكم في المستدرك (1/438) كتاب الصوم : هذا حديث صحيح الإسناد ولم يخرجاه ووافقه الذهبي في تلخيصه . .

45. diriwayatkan dari 'Uyainah bin Abdir Rahman -radiyallahu 'anhu- belaiu berkata menceritakan kepadaku bapakku beliau berkata :" aku ingat malam lailatul qadar ketika berada disisi Abu bakrah, dia berkata :" aku tidak mencari sesuatu yang aku dengar dari rasulullah salallahu 'alaihi wasalam kecuali pada malam sepuluh terakhir, aku mendengar beliau bersabda : " carilah lailatul qadar itu pada malam ke-21, atau malam ke-23 atau malam ke-25, atau malam ke-27, atau malam ke-29." Dia berkata:"dn adalah abu bakrah shalat pada dua puluh hari bulan ramadhan seperti shalat-shalat biasa sepanjang tahun, sedangkan tatkala memasuki sepuluh hari terakhir dia bersungguh-sungguh ( HR at thirmidhi ).


46. عن زر بن حبيش قال : سألت أبي بن كعب -رضي الله عنه- فقلت : إن أخاك ابن مسعود يقول : (( من يقم الحول يصب ليلة القدر )) . فقال : - رحمه الله – أراد أن لا يتكل الناس . أما إنه قد علم أنها في رمضان ، وأنها في العشر الأواخر ، وأنها ليلة سبع وعشرين ، ثم حلف لا يستثني أنها ليلة سبع وعشرين . فقلت : بأي شيء تقول ذلك يا أبا المنذر ؟. قال : ((بالعلامة ، أو بالآية التي أخبرنا رسول الله صلى الله عليه وسلم أنها تطلع يومئذ لا شعاع لها )) - رواه الإمام أحمد في مسنده ( 5/ 130، 131) . ورواه مسلم في صحيحه (2/828) كتاب الصيام ، حديث رقم (762) واللفظ له . ورواه أبو داود في سنه (2 / 106، 107) كتاب الصلاة ، حديث رقم (1378) . رواه الترمذي في سننه (2/145) أبواب الصوم ، حديث رقم (790) . وقال : هذا حديث حسن صحيح . ورواه ابن خزيمة في صحيحه (3/332) ، حديث رقم (2193).

46.dari Zar bin Hubaisyi -radiyallahu 'anhu- dia berkata : " aku bertanya kepada ubai bin ka'ab radiyallahu 'anhu, lalu aku katakan, 'sesungguhnya saudaramu ibnu mas'ud berkata " barang siapa yang bangun malam setahun maka ia akan mendapati lailatul qadar," zar bin hubaisyi berkata " mudah-mudahan Allah merahmatinya, ia ingin agar orang tidak berspekulasi, padahal telah di ketahui bahwa lailatul qadar itu ada pada bulan ramadhan, tepatnya pada malam sepuluh hari terakhir, yaitu malam ke-27, kemudian ia bersumpah bahwa malam lailatul qadar tidak di kecualikan pada malam ke-27, lalu aku bertanya: " atas dasar apa kamu berbicara seperti itu wahai abu munzir ? dia menjawab "dengan tanda atau dengan ayat-ayat yang dikabarkan Rasulullah salallahu 'alaihi wasalam bahwa lailatul qadar muncul ketika tidak ada sinar pada malam itu ( HR muslim ).


47. عن أبي ذر -رضي الله عنه- قال : (( صمنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم رمضان ، فلم يقم بنا شيئاً من الشهر حتى بقي سبع، فقام بنا حتى ذهب ثلث الليل ، فلما كانت السادسة لم يقم بنا ، فلما كانت الخامسة قام بنا حتى ذهب شطر الليل ، فقلت: يا رسول الله صلى الله عليه وسلم ، لو نفّلتنا قيام هذه الليلة ، قال : فقال :(( إن الرجل إذا صلى مع الإمام حتى ينصرف حسب له قيام ليلة )). قال : فلما كانت الرابعة لم يقم ، فلما كانت الثالثة جمع أهله ونساءه والناس فقام بنا حتى خشينا أن يفوتنا الفلاح . قال : قلت وما الفلاح ؟ قال : السحور ، ثم لم يقم بنا بقية الشهر )) - رواه الإمام أحمد في مسنده ( 5/ 159، 160) . بلفظ آخر . ورواه أبو داود في سننه (2 / 105) كتاب الصلاة ، حديث رقم (1375) .واللفظ له . ورواه الترمذي في سننه (2/150) أبواب الصوم ، حديث رقم (803) . وقال : هذا حديث حسن صحيح . ورواه النسائي في سننه (3/202، 203) باب قيام شهر رمضان .ورواه ابن ماجه (1/26،27) باب في فضل قيام شهر رمضان .ورواه ابن خزيمة في صحيحه (3/337، 338) ، حديث رقم (2206)..

47. diriwayatkan dari Abi Dzar radiyallahu 'anhu dia berkata :"kami berpuasa bersama Rasulullah salallahu 'alahi wasalam pada bulan ramadhan, lalu beliu tidak bangun malam ( untuk shalat tarawih ) bersama kami sama sekali dalam bulan itu, kecuali hingga ketika puasa tinggal tujuh hari, beliau shalat malam bersama kami hingga sepertiga malam berlalu, ketika tinggal enam hari beliau tidak shalat malam bersama kami, ketika tinggal lima hari, beliau shalat malam bersama kami hingga pertengahan malam berlalu, maka aku bertanya :" ya Rasulullah alangkah baiknya seandainya engkau mengajak kami shalat malam ini." Beliau menjawab " sesungguhnya seseorang jika shalat bersama imam, maka dia akan mengikuti keinginannya dalam shalat malam', ketika tinggal empat hari, beliau tidak shalat bersama kami, ketika tinggal tiga hari beliau mengumpulkan keluarganya, istri-istrinya, dan manusia, lalu shalat bersama kami hingga kami takut kehilangan keberuntungan, aku bertanya : apa itu keberuntungan belaiu di menjawab yaitu sahur, kemudian beliau tidak shalat lagi bersama kami pada sisa hari berikutnya ( HR Ahamd ).

ثامناً : الإفطار فيه للمسافر

Kedelapan : Berbuka di siang hari bagi musafir




48. عن ابن عباس- رضي الله عنهما- (( أن رسول الله صلى الله عليه وسلم خرج إلى مكة في رمضان فصام حتى بلغ الكديد أفطر ، فأفطر الناس )) متفق عليه . - رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (4/180) كتاب الصوم ، حديث رقم (1944) . ورواه مسلم في صحيحه (2/784) كتاب الصيام ، حديث رقم (1113) . وفيه زيادة : ( وكان صحابة رسول الله صلى الله عليه وسلم يتبعون الأحدث فالأحدث من أمره )

48. diriwayatkan dari Ibnu 'Abbas radiyallahu 'anhu sesungguhnya Rasulullah salallahu 'alahi wasalam keluar menuju mekkah pada bulan ramadhan dan beliau berpuasa samapi di daerah al kadid, beliaupun berbuka, maka manusia ( para shahabat) ikut berbuka ( HR Bukhari-Muslim ).


49. عن أبي الدرداء -رضي الله عنه- قال : ((خرجنا مع النبي صلى الله عليه وسلم في بعض أسفاره في يوم حار، حتى يضع الرجل يده على رأسه من شدة الحر، وما فينا صائم إلا ما كان من النبي صلى الله عليه وسلم وابن رواحة)) متفق عليه - رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (4/182) كتاب الصوم ، حديث رقم (1945) . ورواه مسلم في صحيحه (2/790) كتاب الصيام ، حديث رقم (1122) . وفيه : ( خرجنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم في شهر رمضان في حر شديد ) ..

49.dari Abi Ad Darda radiyallahu 'anhu berkata : "kami pernah keluar bersama Rasulullah salallahu 'alahi wasalam di sebagian safarnya dalam cuaca yang panas sehingga seseorang meletakkan tanggannya diatas kepalanya untuk berlindung dari panasnya matahari, dan tidak ada dikalangan kami yang berpuasa saat itu kecuali Nabi shalallahu 'alahi wasalam dan ibnu rawahah ( HR Bukhari-Muslim ).


50. عن أنس بن مالك – رضي الله عنه – قال : (( كنا نسافر مع النبي صلى الله عليه وسلم فلم يعب الصائم على المفطر، ولا المفطر على الصائم )) متفق عليه . - رواه البخاري في صحيحه المطبوع مع فتح الباري (4/186) كتاب الصوم ، حديث رقم (1947) . ورواه مسلم في صحيحه (2/787) كتاب الصيام ، حديث رقم (1118) . ولفظه : ( سافرنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم في رمضان .......... ) الحديث .

50. dari Anas bin Malik radiyallahu 'anhu beliau berkata :" kami bepergian bersama Nabi Muhammad salallahu 'alahi wasalam, dan orang yang berpuasa tidak mencela orang yang tidak berpuasa, dan orang yang tidak berpuasa tidak mencela orang yang berpuasa ( Hr Bukahri-Muslim).


وعلى كثرة ما ورد في فضل شهر رمضان من الأحاديث الصحيحة ، إلا أن هناك بعض الأحاديث الموضوعة في فضل شهر رمضان ، والتي تظهر فيها المبالغة جليه واضحة ، وهذه الأحاديث الموضوعة كثيرة منها :

Dan masih banyak sekali hadist-hadist shahih lainnya yang meriwayatkan tentang kemulian bulan Ramadhan. Namun ada juga sebagian hadist maudhu' yang menjelaskan tentang kemulaian bulan ramadhan ini, yang menunjukkan kemulain itu secara berlebih-lebihan. Diantara hadist-hadist maudhu' tersebut adalah :


حديث: (( لا تقولوا رمضان فإن رمضان اسم من أسماء الله تعالى، ولكن قولوا شهر رمضان)) - حكم عليه بالوضع : ابن الجوزي في الموضوعات (2/187) . والسيوطي في اللآليء (2/97) . والشوكاني في الفوائد المجموعة ص(87) ، حديث رقم (251) ..

Hadist: janganlah kalian mengatakan Ramadhan karena Ramadhan adalah salah satu nama dari nama-nama Allah, tetapi katakan Bulan ramadhan. ( Hadist ini ditetapkan sebagi hadist maudhu' oleh ibnu jauziy dalam kitabnya al maudhu'at (2/187) dan imam as suyuthiy dalam kitab al alaiy (2/97) dan imam as syaukaniy dalam kitab al fawaid al majmu'ah hal (87) hadist no (251)

حديث:((إذا كان أول ليلة من شهر رمضان نادي الجليل رضوان خازن الجنة فيقول: لبيك وسعديك....-وفيه أمره بفتح الجنة وأمر مالك بتغليق النار-)) - حكم عليه بالوضع : ابن الجوزي في الموضوعات (2/187) . والسيوطي في اللآليء (2/98، 99) . والشوكاني في الفوائد المجموعة ص(87) ، حديث رقم (253) .

Hadist : jika datang malam pertama bulan ramadhan, malaikat ridwan yang mulia penjaga surga berseyu seraya berkata :"labbaika wa sa'daika!" ( selamat datang dan selamat berbaghagia), didalamnya ada perintah darinya agar pintu surga dibuka dan perintah Malaikat Malik agar pintu neraka di tutup . Hadist ini ditetapkan sebagi hadist maudhu' oleh ibnu jauziy dalam kitabnya al maudhu'at (2/187) dan imam as suyuthiy dalam kitab al alaiy (2/98,99) dan imam as syaukaniy dalam kitab al fawaid al majmu'ah hal (87) hadist no (253)

حديث : (( لو علم العباد ما في رمضان لتمنت أمتي أن يكون رمضان السنة كلها )) - حكم عليه بالوضع : ابن الجوزي في الموضوعات(2/189،188).والسيوطي في اللآليء(2/99،100).والشوكاني في الفوائد المجموعة ص(88)،حديث رقم (254)..

Hadist : seandainya hamba-hambaku mengetahui apa yang ada dalam Ramadhan, tentu umatku berharap agar seluruh tahun semuanya menjadi Ramadhan Hadist ini ditetapkan sebagi hadist maudhu' oleh ibnu jauziy dalam kitabnya al maudhu'at (2/188,189) dan imam as suyuthiy dalam kitab al alaiy (2/99,100) dan imam as syaukaniy dalam kitab al fawaid al majmu'ah hal (88) hadist no (254)

حديث :(( إذا كان أول ليلة من شهر رمضان نظر الله إلى خلقه الصيام ، وإذا نظر الله إلى عبد لم يعذبه...)) - حكم عليه بالوضع : ابن الجوزي في الموضوعات(2/189،190) .والسيوطي في اللآليء (2/100) . والشوكاني في الفوائد المجموعة ص (88) ، حديث رقم (255).

Hadist: jika datang awal malan bulan ramadhan Allah memperhatikan hamba-hamba-Nya yang berpuasa, jika Allah telah memperhatikan seorang hamnbaNya, Dia tidak akan mengadzabnya. Hadist ini ditetapkan sebagi hadist maudhu' oleh ibnu jauziy dalam kitabnya al maudhu'at (2/189,190) dan imam as suyuthiy dalam kitab al alaiy (2/100) dan imam as syaukaniy dalam kitab al fawaid al majmu'ah hal (88) hadist no (255)

حديث : (( إن لله تبارك وتعالي ليس بتارك أحداً من المسلمين صبيحة أول يوم من شهر رمضان إلا غفر له)) - حكم عليه بالوضع : ابن الجوزي في الموضوعات(2/190) .والسيوطي في اللآليء (2/101) . والشوكاني في الفوائد المجموعة ص (88) ، حديث رقم (256).

Hadist : sesungguhnya Allah tabaraka wa ta'ala tidak meninggalkan seseorang pun dari kaum muslimin pada awal pagi bulan ramadhan, kecuali diampuni dosa-dosanya. Hadist ini ditetapkan sebagi hadist maudhu' oleh ibnu jauziy dalam kitabnya al maudhu'at (2/190) dan imam as suyuthiy dalam kitab al alaiy (2/101) dan imam as syaukaniy dalam kitab al fawaid al majmu'ah hal (88) hadist no (256)

.حديث: ((إن الله تبارك وتعالى في كل ليلة من رمضان عند الإفطار ألف ألف عتيق من النار)) - حكم عليه بالوضع : ابن الجوزي في الموضوعات(2/191) .والسيوطي في اللآليء (2/101) . والشوكاني في الفوائد المجموعة ص (89) ، حديث رقم (257).

Hadist : sesungguhnya Allah tabaroka wata'ala setiap malam bulan ramadhan, saat berbuka membebaskan beribu-ribu orang dari api neraka. Hadist ini ditetapkan sebagi hadist maudhu' oleh ibnu jauziy dalam kitabnya al maudhu'at (2/191) dan imam as suyuthiy dalam kitab al alaiy (2/101) dan imam as syaukaniy dalam kitab al fawaid al majmu'ah hal (89) hadist no (257)

.حديث: ((لو أذن الله لأهل السموات والأرض أن يتكلموا لبشروا صوام شهر رمضان بالجنة)) - حكم عليه بالوضع : ابن الجوزي في الموضوعات(2/191،192) .والسيوطي في اللآليء (2/103) . والشوكاني في الفوائد المجموعة ص (90) ، حديث رقم (258).

Hadist: seandainya Allah mengidzinkan kepada penghuni langit dan bumi untuk berbicara, tentu mereka akan memberikan kabar gembira dengan surga kepada orang-orang yang berpuasa di bulan ramadhan. Hadist ini ditetapkan sebagi hadist maudhu' oleh ibnu jauziy dalam kitabnya al maudhu'at (2/191,192) dan imam as suyuthiy dalam kitab al alaiy (2/103) dan imam as syaukaniy dalam kitab al fawaid al majmu'ah hal (90) hadist no (258)

حديث: ((إذا سلمت الجمعة سلمت الأيام ، وإذا سلم رمضان سلمت السنة)) - حكم عليه بالوضع : ابن الجوزي في الموضوعات(2/196) .والسيوطي في اللآليء (2/106) . والشوكاني في الفوائد المجموعة ص (94) ، حديث رقم (275)..

Jika kamu selamat pada hari jum'at berarti kamu selamat pada hari-hari lainnya, dan jika kamu selamat pada bulan ramadhan berarti kamu akan selamat setahun penuh. Hadist ini ditetapkan sebagi hadist maudhu' oleh ibnu jauziy dalam kitabnya al maudhu'at (2/196) dan imam as suyuthiy dalam kitab al alaiy (2/106) dan imam as syaukaniy dalam kitab al fawaid al majmu'ah hal (94) hadist no (275)

حديث : ((من أفطر يوماً من رمضان من غير رخصة ولا عذر له ، كان عليه أن يصوم ثلاثين يوماً ومن أفطر يومين كان عليه ستون ومن أفطر ثلاثاً كان عليه تسعون يوماً )) - حكم عليه بالوضع : ابن الجوزي في الموضوعات(2/196) .والسيوطي في اللآليء (2/106) . والشوكاني في الفوائد المجموعة ص (95،94) ، حديث رقم (276). .

Hadist : Barang siapa berbuka (tidak berpuasa) sehari di bulan ramadhan tanpa rukhsah & udhur baginya maka hendaklah dia berpuasa tiga puluh hari, dan barang siapa yang tidak berpuasa dua hari maka hendaklah dia berpuasa enam puluh hari, barang siapa yang berbuka tiga hari maka dia harus berpuasa sembilan puluh hari. Hadist ini ditetapkan sebagi hadist maudhu' oleh ibnu jauziy dalam kitabnya al maudhu'at (2/196) dan imam as suyuthiy dalam kitab al alaiy (2/106) dan imam as syaukaniy dalam kitab al fawaid al majmu'ah hal (94,95) hadist no (276)


حديث : (( رجب شهر الله ، وشعبان شهري ، ورمضان شهر أمتي ......))الحديث - حكم عليه بالوضع : ابن الجوزي في الموضوعات(2/205) .والصغاني في الموضوعات ص (61)، حديث رقم (129) وابن قيم الجوزية في المنار المنيف ص(95) ، رقم (168) والسيوطي في اللآليء (2/114) .

Hadist: Bulan Rajab adalah bulan Allah, dan sya'ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku……. Hadist ini ditetapkan sebagi hadist maudhu' oleh ibnu jauziy dalam kitabnya al maudhu'at (2/205) dan ad dho'aniy dalam al maudhu'aat hal (61) hadist no (129) dan ibnu qayyim al jauziyah dalam al manar al munif hal (95) ho (168) dan as shuyuthi dalam al laaiy (2/114).

وحديث: (( من صلى في آخر جمعة من رمضان الخمس الصلوات المفروضة في اليوم والليلة ، قضت عنه ما أخل به من صلاة سنته )) حكم عليه بالوضع : الشوكاني في الفوائد المجموعة ص (54) ، حديث رقم (75). .

Hadist : barang siapa shalat lima waktu di akhir jum'at bulan ramadhan yang di wajibkan dalam sehari semalam, maka shalat-shalat sunnah yang di tinggalkannya akan di berikan pahalanya. Ditetapkan oleh imam as syaukaniy sebagi hadist maudhu' dalam kitab al fawaid al majmu'ah hal (54) hadist no (75).


إلى غير ذلك من الأحاديث الباطلة – والله أعلم - .

Dan masih banyak hadist-hadist bathil yang lainnya wallahu 'alam


الحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات

No comments: